Sejarah Nissan Skyline Dijuluki (GODZILLA)

Setelah bangkit dari kondisi hampir hancur yang dialami pada akhir era tahun 90-an perusahaan yang dibangun oleh Carlos Ghosn tersebut mencoba membangkitkan nama besar Nissan lewat salah satu produk mereka yang paling iconic yaitu Nissan GT-R. Namun nama besar GT-R sendiri merupakan hasil dari perjalanan panjang berpuluh-puluh tahun sebelum Carlos Ghosn yang ditunjuk sebagai CEO pertama dengan kewarganegaraan non-Jepang dijuluki kelahiran sang Mecha GODZILLA

Bagaimana legenda itu lahir?

Hiroshi Tamura yang adalah Chief Product Specialist di Nismo yang mengungkapkan bahwa kecintaannya dan penjiwaannya terhadap Nissan GT-R yang sebelum era R35 disebut juga sebagai Nissan Skyline. Di era tersebut generasi pertama dari Nissan Skyline PGC-10 yang kini akrab disebut sebagai ‘Hakosuka’ beradu cepat dengan mobil andalan salah satu perusahaan kebanggan bangsa Jerman yaitu Porsche yang di era itu popularitasnya sudah jauh di atas Nissan.

Sementara perjalanan sejarah Nissan GT-R dimulai sejak tahun 1957

1.Prince Skyline Deluxe (1957)Berawal dari platform Prince Skyline Deluxe tahun 1957, mobil ini awalnya bukan dibuat oleh Nissan. Tetapi oleh Prince Automobile. Dengan mesin berbekal mesin 1.500 cc 4 silinder, memiliki tenaga sebesar 60 dk. Mobil ini dibuat untuk pasar mobil mewah pada pembuatan pertamanya.

2.Prince Skyline Sport (1962)
Mobil ini didesain oleh desainer terkenal asal Italia Giovanni Michelotti. Dibuat dengan bodi hand-built, mobil ini dijual beberapa ratus unit saja. Dibekali mesin 1.900 cc 4 silinder, Prince Skyline memiliki tenaga hingga 91 dk.

3.Skyline 2000 GT-R (1969)

Ini adalah generasi pertama dari Skyline GT-R, versi performa tinggi dari Skyline dengan koe bodi KPGC10. Mesinnya berkode S20 2.000cc 6 silinder, dengan output tenaga sebesar 160 dk. Tenaga tersebut sudah setar dengan Porsche 911 pada saat itu. Dan pada tahun 1971, Skyline 2000 GT-R mengalami facelift. Dengan bobot yang lebih ringan 17 kilogram dari versi yang biasanya, dan wheelbase yang lebih pendek dari sebelumnya.

Skyline 2000 GT-R 4th Generation rilis ditahun 1973, dengan kode baru KPGC110 datang dengan bodi fastback baru, desain dari mobil ini terlihat lebih modern. Tetap memboyong mesin S20, tetapi dengan upgrade pada bagian rem yang sudah disc brake keempat rodanya.

4.Skyline GT-S R31 (1986)

Mobil ini adalah Nissan Skyline pertama dengan mesin versi RB. Mesin yang dipakai saat itu adalah RB20DE berkapasitas 2.000 cc 6 silinder. Dengan output tenaga menurun jadi 155 dk. Pada tahun 1987, rilis varian GTS-R dengan aksesoris lebih sporti ketimbang GTS.

Upgrade mesin RB20DE juga dilakukan menjadi RB20DET-R yang memiliki turbo dan intercooler yang lebih besar, output sebesar 210 dk. Dan hanya dibuat dengan membuat terbatas yaitu 823 unit saja.

5.Skyline GT-R R32 (1989)

Ini adalah generasi dimana awal mula “Godzilla” melekat pada GT-R. Menggunakan jantung pacu yang murni untuk balap, mesin mobil ini adalah RB26DETT dengan kapasitas 2.600 cc 6 silinder. Tenaga yang dihasilkan mobil ini cukup besar dengan 276 dk.

Sistem penggerak juga sudah mengusung elektronik AWD bernama ATTESSA E-TS. Mobil ini dikenal dengan dominasinya di dunia reli yang berhasil mengalahkan lawan-lawannya

6.Skyline GT-R R33 (1995)

Pada generasi R33, mesin masih menggunakan RB26DETT. Namun dengan tenaga yang lebih besat yaitu 280 dk. Mobil ini memiliki bodi yang lebih besar dan berat dari pada R32. Pencapaian mobil ini juga cukup mengagumkan dengan mencatat waktu kurang dari 8 menit untuk mobil pertama buatan masal yang dites di Nurburgring.

Tahun 1997 keluarlah versi kencang dari R33 dengan versi Nismo 400R. Mendapat upgrade pada mesin RB26DETT, mesin tersebut diubah kodenya menjadi RBX-GT2 kapasitasnya menjadi 2.800 cc 6 silinder Dengan output tenaga luar biasa yaitu 400 dk. Bagian luarnya mendapat ubahan seperti over fender, bemper baru, dan side skirt yang lebih aerodinamis. Versi ini menjadi salah satu Skyline yang paling langka, karena hanya dibuat 44 unit saja.

7.Skyline GT-R R34 (1999)

Generasi ini rasanya paling ikonik daripada GT-R lainnya, desainnya mengotak tidak termakan zaman, dan di interior mobil ini sudah disematkan LCD display untuk memberi tahu informasi mesin dan juga data performa.

Mesin RB26DETT masih dipercaya untuk menunjang performa generasi ini, dengan transmisi 6 percepatan getrac. Pemakaian system pengeraman Brembo 4 piston bagian depan, dan 2 piston bagian belakang. Bodi mobil ini juga diklaim lebih kaku 50 persen dari sebelumnya.

Banyak spesifikasi yang berbeda dari R34 ini, contoh saja V.Spec, V.Spec II Nur, GT-R NISMO S-tune, dll. Perbedaan dari tipe-tipe ini kebanyakan dari perlengkapan, dan setingan mesin saja.

Banyak spesifikasi yang berbeda dari R34 ini, contoh saja V.Spec, V.Spec II Nur, GT-R NISMO S-tune, dll. Perbedaan dari tipe-tipe ini kebanyakan dari perlengkapan, dan setingan mesin saja.

Tidak ada ubahan bodi yang serius pada perbedaan tipe ini. Namun, untuk spek yang paling tinggi jatuh pada Skyline NISMO Z-TUNE yang keluar pada tahun 2005. Mobil ini menggunakan mesin berkode RB26DETT Z2 yang kapasitasnya menjadi 2.800 cc. output tenaga juga bukan main, mencapai 493 dk, dan mesin bisa mencapai 8000 rpm karena menggunakan blok mesin N1 yang siap balap.

Terdapat juga ventilasi pasa kap mesin Z-TUNE, dan mobil ini hanya diproduksi sebanyak 20 unit saja untuk memperingati 20 tahun NISMO.

8.Nissan GT-R (2009)

 Ini adalah generasi dimana Nissan sudah tidak menggunakan nama Skyline lagi. Semua mesin juga diganti, RB26DETT dipensiunkan. Digantikan mesin VR38DETT V6 3.800 cc, disalurkan ke transmisi 6 percepatan dual clutch, ke penggerak AWD. Mesin ini dapat menyemburkan tenaga 480 dk.

Pada tahun 2012, GT-R mengalami facelift pertamanya dengan perubahan bemper depan dan diffuser belakang baru. Dengan pelek yang lebih ringan, dan keras membuat handling lebih mantap di facelift ini, pemakaian rem cakram juga lebih besar dengan 15.4 inci. Walau facelift, mesin diseting ulang hingga tenaga naik hampir 50 dk dari sebelumnya, menjadi 530 dk. Dan mampu melesat dari 0-100kpj hanya dalam 2.9 detik saja.

Tidak puas dengan GT-R biasa, NISMO pun turun tangan dalam menggarap GT-R di tahun 2015. Dan benar saja, mobil ini menjadi salah satu mobil tercepat di Nurburgring dengan mencatat waktu 7.08 menit. Pada versi ini, seluruh bodi mendapat paket full yang menunjang aerodinamika mobil ini. Bagian kaki-kaki juga di upgrade oleh NISMO, dan rem cakram baru dengan ventilasi udara. Gilanya lagi, tenaga didongkrak sampai 595 dk keadaan standar NISMO.

Facelift kedua Nissan GT-R baru dilakukan pada tahun 2017, jika dibanding facelift pertama, pemakaian part bodi diklaim lebih aerodinamis ketimbang sebelumnya. Ubahan juga dilakukan pada setingan suspensi, dan roda. Power yang sebelumnya 530 dk, naik hingga 565 dk.

Lalu kenapa Nissan Skyline Dijuluki (GODZILLA) ?

jumlah kemenangan sebanyak 50 kali dari 50 seri lomba yang diadakan. Berkat kemenangan dan dominasi di seluruh ajang balap dunia dari tahun 1989 hingga 1997, Nissan Skyline GTR diberi nama Godzilla. Namun lucunya, nama Godzilla tersebut terlahir bukan dari sang pembuatnya, justru pada saat itu orang Jepang menjuluki ‘Obakemono’ yang memiliki arti ‘monster pemindah bentuk’.